Selasa, 08 November 2011

Kenali Gejala dan Cara Mengatasi PMS

Premenstrual syndrome (PMS) adalah sekumpulan gejala fisik dan emosional yang muncul setiap periode menstruasi. Gejala PMS ini paling sering terjadi pada perempuan yang berusia sekitar 20 hingga 40-an tahun. Gejala PMS biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari sebelum menstruasi, meskipun beberapa perempuan terkadang mengalami gejala-gejala tersebut sampai siklus menstruasi berakhir.


GEJALA PMS:
1.  Mudah Tersinggung
2.  Gelisah
3.  Nyeri kepala, tegang otot (pegal), dank ram perut
4.  Kembung
5. Payudara nyeri dan bengkak
6.  Jerawat

TIPS MENGATASI GEJALA PMS:
1. Konsumsi serat lebih banyak
Mengonsumsi serat bisa mengurangi keinginan untuk makan makanan yang mungkin dapat memperburuk gejala PMS, membantu menstabilkan mood, dan mengurangi kelelahan. Beri, pir, apel, buncis, dan kacang polong merupakan beberapa contoh makanan yang kaya akan serat.
2. Perbanyak konsumsi kalsium
Kalsium penting untuk mengatasi gejala PMS. Produk susu umumnya kaya akan kalsium, namun dianjurkan dihindari karena mengandung lemak jenuh yang bisa memperburuk gejala PMS. Beberapa makanan yang merupakan sumber kalsium selain susu adalah salmon, tahu, sarden, buncis, kacang polong, dan almond.
3. Menambah asupan vitamin E
Beberapa sereal diperkaya dengan vitamin E yang merupakan salah satu vitamin yang membantu meringankan gejala PMS. Vitamin E juga dapat ditemukan dalam minyak kelapa sayurm sayuran, dan kacang.
4. Tambahkan asupan vitamin B6 untuk mengatasi kembung dan depresi
Sumber makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain bayam, salmon, ayam, ikan cok, kakap, kalkun, paprika, dan sereal gandum, nasi, kentang, ubi jalar, dan singkong.
5. Batasi asupan kafein, gula, dan alkohol
Kafein dan gula dikenal sebagai memperparah gejala PMS. Batasi asupan kafein, kopi, teh, sirup, dan cokelat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar